Thursday, June 7, 2012

Mengapa mengantuk kalau Kenyang ???

Assalamualaikum...

Makan berlebihan atau kekenyangan sering membuat kita mengantuk sesudahnya.Betul tak kawan2? Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut kajian,terjadinya reduksi oksigen yang diserap tubuh kalau kita terlalu kenyang.Huhh??Patut lah sering terjadi pd dya setiap kali waktu rehat..But now dah ok bila de buat senamana 2 3x seminngu..bagi darah2 berjalan dan bertemu dengan zarah2,mokeul2 dan organisma dalam badan..

Bila mengantuk setelah makan dan bahkan tidur setelah makan adalah tanda-tanda terjadinya syok biokimia.  Peningkatan oksigen tubuh turun di bawah 20 detik, maka pengaruhnya adalah terjadi overbreathing (memerlukan kerja pernapasan lebih banyak) pada kadar oksigen otak.Huhh..terror nya bab sains walaupun sains dapat keputusan tak cemerlang...

Keadaan ini mengganggu pencernaan yang sangat cepat dan dinamis. Darah menjadi miskin akan oksigen, dan menyebabkan berkurangnya pasokan enzim pencernaan, akumulasi dari produk sisa metabolisme dalam usus besar dan sel tubuh lainnya. Pencernaan menjadi lebih lambat.

 


Bagi orang sakit, dengan pola pernapasan tidak efektif akan memelukan 1-2 jam lebih lama untuk mencerna.Baru lah tahu orang sakit cam2 ragam kan?kan?

Sebaiknya untuk menghindari perasaan mengantuk setelah makan adalah, dengan membatasi makanan yang tinggi gula dan tepung. Lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan kenaikan tinggi gula darah seperti salad sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan atau ayam.

Bagipenderita obesitas sebaiknya sering melatih pernapasan untuk meningkatkan oksigenasi tubuh. Setiap kali orang yang kelebihan berat badan makan karbohidrat kompleks atau lemak, bernapas menjadi jauh lebih buruk. Memang,  prosesnya tidak membuat terengah-engah (jarang terjadi), namun biasanya lebih susah bernapas, kan?

Kesimpulannya, selain memilih makanan yang sihat, juga makanlah dengan bersahaja. Tidak berlebihan, seperti nasihat Rasulullah Muhammad SAW untuk berhenti makan sebelum kenyang.

Wasalam.


Terima kasih sudi baca !!!


No comments:

Post a Comment